Mencintai Bahasa Arab

Assalamu’alaikum Sahabat Fillah,

belajar-bahasa-arab1Kitab suci al-Quran tanpa diragukan lagi menggunakan bahasa Arab untuk mengantarkan wahyu Allah kepada umat manusia. Tidak ada satupun kata di dalamnya yang bukan berasal dari bahasa Arab. Allah SWT. berfirman:

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (QS. Yusuf: 2).

Ibnu katsir rahimahullah berkata ketika menafsirkan surat yusuf ayat ke 2 yang di atas.  Yang demikian itu (bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa arab) karena bahasa arab adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas dan maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia. Oleh karena itu, kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur’an) diturunkan kepada Rasul yang paling mulia (yaitu Rasulullah SAW) dengan bahasa yang paling mulia, melalui perantara malaikat yang paling mulia (yaitu malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia di atas muka bumi (yaitu tanah Arab), serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (yaitu Ramadhan), sehingga Al-Qur’an menjadi sempurna dari segala sisi.

Keunggulan dan keindahan bahasa Arab dijelaskan oleh banyak alim ulama. Ibnu Khaldun menyatakan: kecakapan dalam berbahasa Arab merupakan satu kecakapan bahasa yang paling bisa menjelaskan maksud pembicaraan.

Ibnu Faris berpendapat bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang paling utama dan sangat luas jangkauannya. Tuhan alam semesta telah memilih rasul-Nya yang paling mulia dari golongan bangsa Arab untuk mengemban risalah penutup bagi sekalian alam adalah bukti kemulian bahasa Arab yang tidak terbantah.

Orang-orang di luar Islam seperti orientalis juga memuji keunggulan bahasa Arab. Guillame Postel seorang orientalis dari Prancis berkata. “…bahasa Arab sangat besar manfaatnya karena merupakan bahasa internasional, sebagai alat berkomunikasi dengan orang Maroko, Mesir, Syria, Persia, Turki, bangsa Tartar dan India. Sastranya sangat kaya.”

Agama Islam tidak bisa dipisahkan dari bahasa Arab. Amat mustahil dapat menyelami agama Islam tanpa menggunakan bahasa Arab karena  digunakan dalam al-Quran dan hadits-hadits Nabi saw. Karena itulah para ulama mengingatkan kaum muslimin agar bersungguh-sungguh mempelajarinya.

Umar bin Khaththab R.A berkata, “Pelajarilah bahasa arab, sesungguhnya ia bagian dari agama kalian. Saat menjadi khalifah atau kepala negara Islam beliau mengingatkan para sahabat yang banyak bergaul dengan orang asing agar tidak melalaikannya.

Sementara itu Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Bahasa arab itu termasuk bagian dari agama, sedangkan mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al-Quran dan As-Sunnah itu wajib. Tidaklah seseorang bisa memahami keduanya kecuali dengan bahasa arab. Dan tidaklah kewajiban itu sempurna kecuali dengannya, maka mempelajarinya menjadi wajib.”

Subhanallah! Lalu sudahkah kita belajar bahasa Arab? [follow @iwanjanuarcom].

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s