Mereka yang Mendapat Cinta-Nya

cinta-allah11Ada tujuh golongan yang akan mendapat cinta Allah. Tujuh golongan itu di antaranya adalah:

1. Orang-orang yang adil.

Allah swt berfirman: “Dan jika kamu memutuskan perkara mereka, maka putuskanlah (perkara itu) di antara mereka dengan adil, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil.” (QS. al-Maidah: 42)

Keadilan saat ini sangat susah dicari dan merupakan suatu amal yang berat. Karena itulah orang yang adil akan dicintai Allah dan mendapat pahala yang besar di sisi-Nya.

2. Mujahid

Allah berfirman dalam surat as-Shaf: 4

“Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”

Para mujahid berperang di jalan Allah dengan mengorbankan harta dan jiwanya dan mengupayakan segenap kemampuannya, maka sangat pantaslah Allah mencintai mereka.

3. Muhsinin

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang- orang yang berbuat baik.”

Perbuatan baik ini berdasarkan hukum syara, bukan menurut manusia. Sebab bisa jadi apa yang menurut manusia baik, menurut Allah itu tidak baik. Seperti orang kafir yang menyumbangkan hartanya untuk orang miskin, secara kemanusiaan itu baik tapi di mata Allah itu sia-sia karena ia belum beriman kepada Allah swt.

4. Tawwabiin

“Sesungguhnya Allah mengasihi orang-orang yang banyak bertaubat, dan mengasihi orang-orang yang senantiasa mensucikan diri.” ( al-Baqarah:222)

Allah swt adalah Maha Pengampun. Meski dosa manusia sebesar gunung, ampunan Allah seluas langit dan bumi. Taubat yang sebenar-benarnya taubat dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi adalah ciri orang-orang yang akan mendapat cinta-Nya.

5. Muttaqin

“(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa.” (ali Imran: 76)

Dalam setiap khutbah Jumat, kaum muslimin selalu diingatkan untuk bertaqwa kepada Allah. Takut kepada-Nya sehingga apa saja yang diperintahkan kita taati dan apa saja yang dilarang kita jauhi. Karena beratnya usaha untuk taat pada Allah, maka Allah akan membalasnya dengan cinta.

6. Shobirin

“Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.” (ali Imran:146)

Sabar berarti harus kuat mena

han segala macam godaan dan tantangan. Sebab itulah Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.

7. Mutawakilun

“Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (ali Imran:159)

Tawakal adalah sifat yang sulit

untuk diaplikasikan karena membutuhkan keyakinan yang sangat besar kepada Allah swt. Karena itulah, orang yang percaya sepenuhnya kepada Allah sangat pantas mendapatkan cinta-Nya.

Lalu, ada di golongan manakah kita agar mendapat cinta-Nya? Semoga kita termasuk orang yang mendapatkan cinta Allah swt. Aamiin.
Wallahu a’lam bi ash shawab

– See more at: http://www.cintaquran.com/mereka-yang-mendapat-cinta-nya.htm#sthash.RILeV1EL.dpuf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s